• - 'naEnda' Ray Bradbury -

    Google Membuat Robot Edukasi untuk Anak Usia 5 Tahun


    Google Membuat Robot Edukasi untuk Anak Usia 5 Tahun,2013

    Robot berbentuk kecil itu baru saja diciptakan Google yang diperuntukkan untuk anak seusia lima tahun. Robot sahabat berwarna biru ini akan tersedia pada musim panas tahun depan.

    Robot edukasi ini diberi nama Bo dan Yana. Robot Play-i ini berbentuk bundar yang dapat diperintah melalui perangkat smartphone maupun tablet yang sudah dibekali program aplikasi khusus. Agar disukai, bentuk dan warna robot ini diselaraskan dengan pola pikir anak.

    Seperti robot Play-i lainnya, Bo dan Yana juga dibekali dengan teknologi inframerah dan speaker untuk berkomunikasi. Selebihnya, robot besutan Google ini juga hadir dengan sensor navigasi untuk bermain instrumen musik, sesuai dengan temanya sebagai robot edukasi.

    Bo dan Yana memiliki karakteristik yang berbeda. Robot Bo berbentuk bulat yang bisa bergerak dengan dilengkapi tiga roda. Selain itu Bo juga mampu menggelengkan kepalanya. Adapula suguhan warna-warni lampu yang mengindikasikan emosi atau respon robot itu sendiri.

    Sedangkan Robot Yana merupakan robot yang tidak bisa bergerak. Hanya memamerkan keindahan warna-warni lampu yang juga mengindikasikan sebuah respon. Selain itu robot satu ini juga dilengkapi dengan fitur giroskop dan akselerometer.

    Walupun berbeda, kedua robot edukasi ini memiliki kemampuan kerja sangat kompleks. Bahkan dalam sebuah pengujian, robot edukasi besutan Google ini juga mampu bekerja untuk mendukung program bahasa si anak.

    Robot edukasi ini dihadirkan dalam tiga macam pilihan. Mode pertama untuk anak usia lima sampai delapan tahun. Kedua untuk anak usia delapan sampai duabelas tahun. Dan yang terakhir untuk anak berusia dua belas tahun keatas. Tujuan dibalik ini agar si anak lebih dekat mengenal teknologi.

    Pelatihan bahasa untuk anak juga bisa dilakukan dengan robot edukasi ini. “Dengan meluncurnya Bo dan Yana, anak lebih mudah menyerap informasi dibanding stimulasi” ungkap Vikas Gupta, CEO Play-i.



    1 komentar:

    1. Robot Edukasi anak TK SD SMP SMA. MY ROBOT TIME.
      kunjungi www.mrt-indo.com utk informasi lebih lanjut.

      ReplyDelete