• - 'naEnda' Ray Bradbury -

    FlipperBot, Robot yang Terinspirasi dari Penyu


    FlipperBot, Robot yang Terinspirasi dari Penyu

    Robot-robot canggih sudah banyak tercipta pada tahun 2013 ini. Fungsinya beraneka ragam, mulai dari alat pembantu manusia seperti militer bahkan penjinak bom. Adapula robot unik yang dibuat dengan menginspirasi dari hewan sekitar.

    Salah satunya FlipperBot, robot yang terinspirasi dari penyu. Walaupun terinspirasi dari penyu, namum bentuk yang diusung lebih menyerupai kalajenking raksasa. Dalang dari semua ini adalah sekelompok mahasiswa teknik dari Georgia Tech dan Northwestern University, Amerika Serikat (AS).

    Robot FlipperBot sedikit unik dan berbeda dari cara berjalannya. Kemampuan berjalan robot ini diuji dengan berjalan diatas pasir yang terlihat seperti penyu atau anjing laut yang menggunakan tangan seperti sirip untuk berjalan disekitar pasir.

    Tapi sayangnya, kemampuan robot ini hanya bisa berfungsi di darat karena robot ini tak mampu berenang seperti robot lainnya.

    Menurut pihaknya, dirinya masih melakukan pengembangan lebih lanjut dalam pengoprasian dan kuncinya pada memahami bagaimana gerakan fleksibel pergelangan tangan si robot untuk berjalan.



    0 komentar:

    Post a Comment