• - 'naEnda' Ray Bradbury -

    Catbot, Robot yang Terinspirasi dari Kucing


    Catbot, Robot yang Terinspirasi dari Kucing

    Perkembangan dalam dunia teknologi sampai saat ini amatlah pesat, terutama pada sektor alat komunikasi. Ternyata tak hanya itu saja, dampak teknologi lain juga terlihat pada sektor robotik. Bahkan sampai saat ini, berbagai robot tercipta dengan fungsi masing-masing. Ada yang digunakan untuk perlombaan, ada juga sebagai alat bantu manusia.

    Semakin hari, ide dari pada ilmuan semakin menjadi saja. Yang terbaru, tercipta sebuah robot unik yang terinspirasi dari kucing. Robot itu bernama Catbot, yang memiliki struktur tubuh mirip kucing dengan empat kaki serta mendesain kinerja kaki-kakinya mirip kucing asli. Robot ini dirancang disebuah laboratorium milik Ecole Polytechnique Federale de Lausanne.

    Catbot diharapkan peneliti mampu memberikan kemajuan dalam bidang teknologi boimekanik. Terutama pada desain kaki yang membuat sirobot mampu bergerak lebih cepat. Dan pada akhirnya, mereka juga berambisi bahwasannya desain robot ini kelak dapat digunakan untuk melakukan misi penyelamatan.

    Catbot memiliki berat 30 kilogram yang diklaim mampu berlari sangat cepat dikelasnya. Pada saat peneliti melakukan percobaan, mereka mendapatkan bahwa robot ini mampu berlari hampir 7 kali ukuran tubuhnya perdetik. Walau terkecan cepat, namun kecepatan yang dihasilkan masih dibawah kucing asli.



    0 komentar:

    Post a Comment